Similarity Check: Efek Serbuk Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) terhadap Jumlah Sel CD4 pada Sukarelawan Sehat

Mardhiyani, Dini and Darmawan, Endang and Akrom, Akrom Similarity Check: Efek Serbuk Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) terhadap Jumlah Sel CD4 pada Sukarelawan Sehat. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA.

[thumbnail of Efek_Serbuk_Bunga_Rosella__Hibiscus_sabdariffa_L_.pdf] Text
Efek_Serbuk_Bunga_Rosella__Hibiscus_sabdariffa_L_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) memiliki kandungan antioksidan yang terbukti berkhasiat dan aman melalui uji klinis dan praklinik sebagai imunostimulan. Unsur antioksidan di dalam bunga Rosella yaitu antosianin, kuersetin, L-ascorbic acid dan protocatechuic acid. Penelitian uji klinik ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian serbuk bunga Rosella merah (Hibiscus sabdariffa L.). Penelitian ini menggunakan desain pre-post treatment. Subjek penelitian terdiri dari 21 sukarelawan sehat yang telah memenuhi kriteria inklusi, eksklusi dan bersedia mengisi informed consent. Sukarelawan sehat diberikan perlakuan serbuk bunga Rosella dosis 500 mg sekali sehari selama 30 hari. Pemeriksaan jumlah limfosit dan sel CD4 dilakukan menggunakan hematology analyzer dan flowcytometer. Persentase sel CD4 adalah 30,85% (hari ke-0) dan 34,15% (hari ke-31). Rata-rata untuk jumlah absolut sel CD4 adalah 767,04 sel/mm3 (hari 0) dan 696,42 sel/mm3 (hari ke-31). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan (p> 0,05) pada jumlah absolut sel CD4 dan ada pengaruh signifikan persentase CD4 (P<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemberian serbuk bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) dosis 500 mg/hari selama 30 hari meningkatkan persentase sel CD4.
Kata kunci: Rosella (Hibiscus sabdariffa L.), antosianin, CD4, sukarelawan sehat

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Dr.rer.nat Endang Darmawan
Date Deposited: 13 May 2020 14:57
Last Modified: 13 May 2020 14:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18660

Actions (login required)

View Item View Item