Similarity Check: Profil monosaturated dan polyunsaturated fatty aids dalam plasma darah wanita yang mengkonsumsi jamu

Hasbi, Fatwa and Darmawan, Endang and Akrom, Akrom Similarity Check: Profil monosaturated dan polyunsaturated fatty aids dalam plasma darah wanita yang mengkonsumsi jamu. Pharmacoscript.

[thumbnail of PROFIL_MONOUNSATURATED_DAN_POLYUNSATURATED_FATTY_A_2.pdf] Text
PROFIL_MONOUNSATURATED_DAN_POLYUNSATURATED_FATTY_A_2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia diketahui gemar mengonsumsi jamu. Pada riskesdas tahun 2010 diketahui bahwa 59,12% masyarakat Indonesia mengonsumsi jamu. Jamu merupakan minuman asli Indonesia yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan untuk tujuan pengobatan. MUFA dan PUFA banyak di temukan pada tumbuh-tumbuhan. MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) & PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid) merupakan golongan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) serta menaikkan kadar HDL (High Density Lipoprotein) dalam darah. Tujuannya untuk mengetahui profil monounsaturated dan polyunsaturated fatty acids dalam plasma darah wanita yang mengonsumsi jamu. Penelitian ini menggunakan rancangan observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah relawan dalam penelitian adalah 127 orang. Kadar MUFA & PUFA dalam plasma darah diukur menggunakan GC-MS. Hasil pengukuran kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji distribusi frekuensi dan one-way ANOVA (Analysis of Variance) dengan taraf kepercayaan 95%. Ratarata kadar asam lemak pada relawan yang minum jamu adalah MUFA 0,176% dan PUFA 0,012% . Jenis MUFA dan PUFA yang teridentifikasi di dalam darah relawan wanita yang mengonsumsi jamu di Kabupaten Bantul adalah Palmitoleic acid, Oleic acid (MUFA) dan Linolenic acid (PUFA). Relawan dengan nilai BMI (Body Mass Index) < 18,5 (kurus) memiliki kadar MUFA yang paling tinggi dibandingkan relawan dengan nilai BMI ≥ 18,5. Ditemukan kadar MUFA yang lebih banyak dibandingkan dengan PUFA pada plasma darah relawan wanita yang mengonsumsi Jamu. Terdapat hubungan antara kadar MUFA dengan nilai BMI. Kata kunci : MUFA, PUFA, Fatty Acid, Jamu.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Dr.rer.nat Endang Darmawan
Date Deposited: 13 May 2020 14:59
Last Modified: 13 May 2020 14:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18673

Actions (login required)

View Item View Item