Similarity Check: Hubungan kadar glukosa pada pasien berisiko sindrom metabolik di Puskesmas Jetis I

Tajudin, Tatang and Akrom, Akrom and Darmawan, Endang Similarity Check: Hubungan kadar glukosa pada pasien berisiko sindrom metabolik di Puskesmas Jetis I. Pharmacoscript.

[thumbnail of HUBUNGAN_KADAR_GLUKOSA_PADA_PASIEN_BERISIKO_SINDRO.pdf] Text
HUBUNGAN_KADAR_GLUKOSA_PADA_PASIEN_BERISIKO_SINDRO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sindrom metabolik merupakan suatu kumpulan faktor risiko metabolik yang berkaitan langsung dengan terjadinya penyakit degeneratif. Termasuk salah satunya terjadinya diabetes melitus adalah gula darah puasa ≥100 mg/dL berisiko 6,71 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang kadar gula darah puasanya kurang dari 100 mg/dL. Sedangkan untuk INF-γ meningkatnya agen pro-inflamasi seiring dengan meningkatnya kadar C-reacive protein (CRP) sehingga terjadinya sindrom metabolik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kadar glukosa berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, gaya hidup (merokok), berdasarkan manifestasi klinik, dan mengetahui adanya hubungan antara kadar glukosa. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional pada bahan biologis tersimpan dari sejumlah 89 pasien berisiko sindrom metabolik. Yang direkrut yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dan bersedia mengisi informed consent. Pengumpulan subjek sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pemeriksaan kadar glukosa dilakukan menggunakan alat spektrofotometer 5010. Hubungan karakteristik, kadar glukosa dianalisis dengan menggunakan multivariat dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan kadar glukosa plasma pada pasien laki-laki dengan perempuan (p>0,05)., kelompok usia ≥ 60 tahun dengan kelompok usia < 60 tahun (p>0,05)., perokok dengan bukan perokok (p>0,05)., manifestasi klinik (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara semua fariabel yang diteliti.

Kata kunci : Sindrom metabolik, kadar glukosa, Cross Section

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: Dr.rer.nat Endang Darmawan
Date Deposited: 13 May 2020 14:59
Last Modified: 13 May 2020 14:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18674

Actions (login required)

View Item View Item