Similarity Check: survival analisis suhu tubuh pada pasien diare yang diberikan vitamin D

Usali, Sutrimo and Darmawan, Endang and Kurniawan, Nurkholis Umam Similarity Check: survival analisis suhu tubuh pada pasien diare yang diberikan vitamin D. JURNAL SURYA MEDIKA.

[thumbnail of SURVIVAL_ANALISIS_SUHU_TUBUH_PADA_PASIEN_DIARE_YAN.pdf] Text
SURVIVAL_ANALISIS_SUHU_TUBUH_PADA_PASIEN_DIARE_YAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diare merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan, dan paling banyak disebabkan oleh mikroornanisme (bakteri dan virus) Diare masih menjadi penyebab kematian terbesar kedua di dunia setelah pneumonia dan masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di negara berkembang seperti di Indonesia. Vitamin D merupakan mediator potensial dalam meregulasi sistem imun untuk menjadi pertahanan tubuh terhadap infeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas vitamin D berdasarkan parameter suhu tubuh. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian eksperimental double-blind randomized clinical trial, dimana peneliti melakukan uji klinis pada kelompok kontrol (plasebo) dan terdapat kelompok pembanding (adjuvant vitamin D). Vitamin D memberikan peluang tahan hidup yang lebih serta peluang penurunan suhu tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan pasien yang tidak mendapatkan terapi vitamin D sebagai adjuvant (tambahan). Hasil yang signifikan terjadi pada hari ke 3, ke 5 dan ke 6.

Kata Kunci: Diare, Vitamin D, Demam

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Dr.rer.nat Endang Darmawan
Date Deposited: 13 May 2020 15:00
Last Modified: 13 May 2020 15:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18679

Actions (login required)

View Item View Item