Similarity Check: Efek anti inflamasi kitosan dari cangkang udang pantai trisik pada tikus model rheumatoid arthritis

Hanifah, Nurul and Darmawan, Endang Similarity Check: Efek anti inflamasi kitosan dari cangkang udang pantai trisik pada tikus model rheumatoid arthritis. Pharmaciana.

[thumbnail of EFEK_ANTI_INFLAMASI_KITOSAN_DARI_CANGKANG_UDANG_PA.pdf] Text
EFEK_ANTI_INFLAMASI_KITOSAN_DARI_CANGKANG_UDANG_PA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kitosan sebagai anti inflamasi pada rheumatoid arthritis dilihat dari penurunan volume udem pada kaki tikus menggunakan pletismometer. Kitosan yang diisolasi dari limbah cangkang udang Pantai Trisik diberikan secara oral mulai hari ke-17 sampai 32 yang disuspensikan dengan CMC 0,5%. Rancangan penelitian pengamatan berulang digunakan dalam uji anti inflamasi yang dilakukan pada model tikus rheumatoid arthritis yang diinduksi dengan menggunakan Complete Freund`s Adjuvant (CFA) pada hari ke-1 sampai 16. Penelitian dilakukan dengan membagi tikus ke dalam 5 kelompok (n=6), yakni kontrol normal, kontrol positif, kontrol negatif, 1 kelompok diberikan suspensi kitosan dengan dosis 50 mg/200 gram BB dan sisanya diberikan suspensi kitosan dengan dosis 100 mg/200 gram BB. Pengukuran penurunan volume udem kaki tikus dilakukan setiap 3 hari setelah hari ke-17, kemudian dianalisis menggunakan general linear repeated measure test (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa suspensi kitosan dengan dosis 100 mg/200 gram BB (142,66%) menurunkan volume udem yang lebih baik dibandingkan dengan suspensi kitosan dengan dosis 50 mg/200 gram BB (117,23%) pada telapak kaki tikus yang terkena arthritis. Berdasarkan data penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa kitosan yang diolah dari cangkang udang Pantai Trisik dapat digunakan sebagai anti inflamasi pada tikus model rheumatoid arthritis. Kata kunci: kitosan, rheumatoid arthritis, inflamasi, Complete Freund`s Adjuvant (CFA).

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Dr.rer.nat Endang Darmawan
Date Deposited: 13 May 2020 15:04
Last Modified: 13 May 2020 15:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item View Item