Lapisan Tipis Cu1/Ni1/Cu2/Ni2 Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Sensor Suhu Rendah dengan Metode Electroplating pada Variasi Tegangan Deposisi

Fiqry, Rizalul and Toifur, Moh. and Maruto, Guntur and Pramudya, Yudhiakto and Okimustava, Okimustava (2019) Lapisan Tipis Cu1/Ni1/Cu2/Ni2 Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Sensor Suhu Rendah dengan Metode Electroplating pada Variasi Tegangan Deposisi. Project Report. K-Media, Yogyakarta.

[thumbnail of 1 MONOGRAF Lapisan Tipis Cu1-Ni1-Cu2-Ni2_Rizalul F, dkk.pdf] Text
1 MONOGRAF Lapisan Tipis Cu1-Ni1-Cu2-Ni2_Rizalul F, dkk.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://kmedia.co.id

Abstract

Buku ini berisi teori dan metode pembuatan multi lapisan tipis Cu1/Ni1/Cu2/Ni2. Maksud dibuatnya multilapisan adalah agar sensor lebih peka karena semakin banyak jumlah lapisan antar muka antara lapisan Cu dan Ni, dan kontribusi terbesar pada sensor suhu terletak pada manipulasi kedua permukaan. Metode yang dgunakan adalah elektroplating karena dipandang merupakan metode yang sederhana dan mudah dilakukan, serta memberi kesempatan untuk melakukan banyak variasi pada parameter deposisinya. Pada buku ini yang digunakan sebagai contoh adalah variasi tegangan dan ini berpengaruh pada laju gerakan ion Ni menuju ke pelat Cu. Pada buku ini juga diberikan beberapa hasil karakterisasi diantaranya karakterisasi struktur mikro, resistivitas, serta kepekaan sensor pada berbagai tegangan deposisi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in English Education (S2-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Dr., M.Si. Moh Toifur
Date Deposited: 26 May 2020 02:29
Last Modified: 26 May 2020 02:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18780

Actions (login required)

View Item View Item