Profil Indek Bias Oli Mesran dan Oli Top-1 terhadap Variasi Jarak Tempuh

Toifur, Moh. and Nurwidiyanto, Alex (2011) Profil Indek Bias Oli Mesran dan Oli Top-1 terhadap Variasi Jarak Tempuh. [Artikel Dosen]

This is the latest version of this item.

[thumbnail of prosiding HFI jateng- DIY 2.pdf] Text
prosiding HFI jateng- DIY 2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ALEX INDEK BIAS.pdf]
Preview
Text
ALEX INDEK BIAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian indek bias oli Mesran dan TOP-1 pada variasi jarak tempuh sepeda motor dari 100 – 900 km dengan tujuan untuk mengetahui profil indek bias kedua oli. Sebagai sampel diambil kedua jenis oli yang memiliki angka kekentalan sama SAE 20W-50, sepeda motor yang digunakan adalah Honda Supra X125 2006. Eksperimen dilakukan menggunakan prinsip pembiasan cahaya pada kaca planparalel berukuran 75×25×10 mm3. Sebagai sumber cahaya digunakan laser HeNe merah, 1 mW, 630 nm. Sudut datang divariasi dari 30° - 70° dan sudut bias diamati. Nilai indek bias ditentukan melalui slope grafik antara sin i dan sin r hasil fitting menurut garis lurus. Parameter kualitas kedua oli ditentukan dari besarnya slope grafik. Oli yang baik yang memiliki indek bias relatif stabil terhadap variasi jarak. Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa kedua oli memiliki indek bias semakin kecil terhadap pertambahan jarak. Indek bias oli TOP-1 relatif sama dengan indek bias oli Mesran. Pada jarak 0 s.d. 400 km, indek bias oli Mesran relatif lebih stabil dibandingkan dengan minyak pelumas Top-1, sementara pada jarak 400 s.d. 900 km terjadi keadaan yang sebaliknya yaitu indek bias oli Top-1 relatif lebih stabil dari oli Mesran. Dengan demikian kedua oli memiliki keunggulanmasing-masing.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Dr., M.Si. Moh Toifur
Date Deposited: 09 Jun 2020 06:37
Last Modified: 10 Jun 2020 06:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18979

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item