Desain Sistem Biodiesel Berbasis Plc Berdasarkan Diagram Keadaan

Dwi Puriyanto, Riky and Ali Akbar, Son and Aktawan, Agus (2018) Desain Sistem Biodiesel Berbasis Plc Berdasarkan Diagram Keadaan.

[img] Text
JITEKI vol 4 no 2 2018 Desain Sistem Biodiesel Berbasis Plc Berdasarkan Diagram Keadaan.pdf

Download (861kB)

Abstract

Biodiesel merupakan salah satu jenis dari biomassa yang merupakan salah satu tipe sumber energi terbarukan. Sistem biodiesel merupakan sistem sekuensial (berurutan) yang dapat diatur dengan jenis pengendali programmable logic controller (PLC). Permasalahan sistem sekuensial dapat diselesaikan dengan membuat sebuah diagram keadaan (state diagram) yang merepresentasikan kondisi serta transisi yang ada pada sistem. Sistem biodiesel yang direpresentasikan dalam diagram keadaan kemudian dikonversi menjadi diagram ladder sebagai salah satu bahasa pemrograman sebuah PLC. Metode konversi diagram keadaan menjadi diagram ladder merupakan metode pemrograman terstruktur yang bermanfaat bagi programmer PLC baik level pemula hingga ahli dalam menjalankan PLC. Manfaatnya adalah kesalahan yang terjadi dapat diketahui dengan jelas dan terstruktur. Desain human machine interface (HMI) sistem biodiesel pada penelitian ini dibuat pada perangkat lunak CX One (CXP dan CXD) dengan menggunakan PLC tipe CP1E. Hasilnya adalah perancangan diagram keadaan sistem biodiesel dan konversi diagram keadaan menjadi diagram ladder telah berhasil dilakukan dengan baik. Pada desain ini memori yang diperlukan sebesar 6,5% dari total memori yang dimiliki PLC CP1E.

Item Type: Artikel Umum
Additional Information: vol. 4, no. 2, 2018
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: M.Eng. Alfian Ma'arif
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:40
Last Modified: 21 Aug 2020 02:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/19979

Actions (login required)

View Item View Item