Analisis Model Bisnis Wisata Punthuk Sidengkeng

Fitriani, Syifa and Ma'ruf, Farid (2019) Analisis Model Bisnis Wisata Punthuk Sidengkeng. [Experiment] (Unpublished)

[thumbnail of 20191113033031__Laporan_Akhir_PDP_2019_Punthuk_Sidengkeng.pdf] Text
20191113033031__Laporan_Akhir_PDP_2019_Punthuk_Sidengkeng.pdf

Download (1MB)

Abstract

Potensi wisata yang dimiliki ini belum termanfaatkan dengan baik, kurangnya perhatian pemerintah, sumberdaya manusia yang mengelola dan minimnya pengetahuan masyarakat sekitar mengenai pariwisata menyebabkan Punthuk Sidengkeng belum dikenal sebagai salah satu tujuan lokasi wisata di Kabupaten Magelang. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk merumuskan model bisnis wisata Punthuk Sidengkeng. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Setelah perancangan bisnis model ini dibuat, akan dihasilkan strategi bauran pemasaran atau marketing mix yang dapat digunakan untuk rekomendasi strategi pemasaran bisnis wisata agar Punthuk Sidengkeng dapat dikenal menjadi kawasan wisata baru di Kabupaten Magelang. Perancangan pengembangan model bisnis wisata Punthuk Sidengkeng ini menggunakan BMC. Perancangan model dilakukan melalui serangkaian analisis yang diawali dengan analisis deskripstif kondisi pada saat ini yang kemudian digunakan untuk analisis pengembangan pada masa yang akan datang. Selain BMC, digunakan pula metode marketing mix sebagai alat untuk menganalisis strategi pengembangannya. Strategi yang bisa diterapkan sebagai awal perancangan bisnis wisata Punthuk Sidengkeng bersdasarkan bauran pemasaran adalah : karena value produk yang ditawarkan beraneka ragam, maka pengelola dapat membuat sistem paket wisata pagi para pengunjung selama di Desa Kebonlegi; menyiapkan konten yang menggambarkan keindahan Desa Wisata Punthuk Sidengkeng pada khususnya dan Kota Magelang pada umumnya dapat disiapkan untuk kemudian dilakukan pemasaran yang efektif melalui media online; Pihak pengelola dapat bekerjasama dengan Kabupaten Magelang untuk membuat sistem perjalanan bagi wisatawan selama berada di wilayah Magelang.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 17 Aug 2020 05:09
Last Modified: 17 Aug 2020 05:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20049

Actions (login required)

View Item View Item