Translation and Validation of Breastfeeding Self-Efficacy Scale-Short Form (BSES-SF) into Indonesian: a Pilot Study

Handayani, Lina and Kosnin, Azlina and Jiar, Yeo Kee and Solikhah, Solikhah (2013) Translation and Validation of Breastfeeding Self-Efficacy Scale-Short Form (BSES-SF) into Indonesian: a Pilot Study. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 1023-4024-1-PB.pdf] Text
1023-4024-1-PB.pdf

Download (180kB)

Abstract

Latar belakang: Rendahnya rasa percaya diri ibu pasca persalinan berhubungan dengan persepsi tentang kurangnya produksi ASI dan risiko untuk segera berhenti menyusui. WHO/ UNICEF merekomendasikan pemberian ASI eksklusif pada enam bulan pertama setelah kelahiran, kemudian ditambahkan pemberian makanan pendamping ASI secara bertahap sampai usia dus tahun atau lebih. Namun hampir semua negara di dunia belum dapat memenuhi rekomendasi WHO tersebut untuk ASI eksklusif. Meskipun mayoritas ibu awalnya menyusui, namun banyak dari mereka yang terlalu cepat berhenti karena rendahnya rasa percaya diri. Berdasar teori kepercayaan diri, ekspektasi kepercayaan diri dapat mempengaruhi pandangan para ibu terkait kemampuan mereka untuk memulai, mempertahankan dan terus melanjutkan menuyusui.
Metode: Penelitian ini merupakan pilot study
Hasil: Reliabilitas instrumen ini cukup baik dengan nilai Cronbach alfa 0,77, dan 12 item valid, namun ada dua item yang tidak valid.
Kesimpulan: Breastfeeding Self- Efficacy Scale-Short Form (BSES-SF) merupakan instrumen yang sesuai untuk menilai kepercayaan diri dalam hal menyusui para ibu di Indonesia. Proses translasi dan validasi instrumen ini telah dilakukan. Versi bahasa Indonesia dari BSES-SF merupakan instrumen yang cukup valid dan reliabel untuk menilai kepercayaan diri dalam hal menyusui.
Kata kunci: percaya diri, ibu, menyusui

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > FKM Doc
Depositing User: Dr Solikhah Solikhah
Date Deposited: 26 Aug 2020 15:28
Last Modified: 26 Aug 2020 15:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20214

Actions (login required)

View Item View Item