Peningakatan awareness kerugian ekonomi akibat merokok pada warga Ponegaran Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul

Agustin, Helfi (2019) Peningakatan awareness kerugian ekonomi akibat merokok pada warga Ponegaran Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Peningkatakn awareness kerugian ekonomi akibat merokok pada warga Ponegaran Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Kab. Bantul] Text (Peningkatakn awareness kerugian ekonomi akibat merokok pada warga Ponegaran Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Kab. Bantul)
589 - Published Version

Download (31kB)

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan awareness peserta terhadap kerugian ekonomi akibat merokok. Sasaran penyuluhan terdiri dari pengurus RT/RW dan ibu-ibu di RT 04 Dusun Ponegaran-Jambidan Kabupaten Bantul. Jumlah peserta yang diundang 30 orang namun yang hadir 14 warga. Ibu-ibu dijadikan sebagai sasaran karena perannya sebagai pengatur keuangan keluarga, sehingga diharapkan dapat memperingatkan anggota keluarga yang merokok karena dapat merugikan keuangan keluarga. Pendekatan komunikasi yang dilakukan yaitu secara psikologis istri/ibu akan memiliki emosional negatif jika menyangkut kerugian ekonomi dalam keluarga, sehingga ibu tidak menerima perilaku merokok karena konversi nilai ekonomi rokok terhadap pengeluaran dan kebutuhan keluarga yang sangat merugikan keuangan keluarga. Penyuluhan dilakukan dengan cara ceramah dan diskusi. Ceramah diawali dengan pemutaran video mengenai fenomena kalangan perokok di Indonesia, dilengkapi dengan media power point, sedangkan penghitungan pengeluaran langsung dan tidak langsung dari merokok dengan melakukan diskusi dan menghitung jumlah uang yang dikeluarkan dari biaya pembelian rokok dan biaya berobat salah satu penyakit sehubungan dengan tembakau. Ibu-ibu yang hadir cukup antusias telihat dari pertanyaan yang diajukan. Dampak dari pengabdian belum terlihat nyata, namun dari segi output ada peningkatan awareness terhadap pengeluaran keluarga secara langsung dan tidak langsung dari merokok.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: SKM., MKM Helfi Agustin
Date Deposited: 27 Aug 2020 14:26
Last Modified: 27 Aug 2020 14:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20258

Actions (login required)

View Item View Item