Similarity Check Aktivitas Antioksidan dan Nilai SPF (Sun Protection Factor) Ekstrak Etanol Buah Pepaya (Carica papaya l.) yang diperoleh dari Simplisia dan Buah Segar

Noviadi Rakhmatullah, Aditya and Sugihartini, Nining and Susanti, Hari Similarity Check Aktivitas Antioksidan dan Nilai SPF (Sun Protection Factor) Ekstrak Etanol Buah Pepaya (Carica papaya l.) yang diperoleh dari Simplisia dan Buah Segar. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

[img] Other (Similarity Check)
AKTIVITAS_ANTIOKSIDAN_DAN_NILAI_SPF__Sun_Protectio.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C dan betakaroten yang bermanfaat sebagai antioksidan dan dapat digunakan sebagai tabir surya. Kandungan zat aktif tersebut dipengaruhi oleh jenis bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan nilai SPF dari ekstrak yang diperoleh dari simplisia dan buah segar. Ekstrak yang diperoleh dari simplisia dan buah segar ditetapkan aktivitas antioksidan dengan metode DPPH dan nilai SPF dengan metode spektrofotometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan pada ekstrak pepaya yang diperoleh dari simplisia memiliki nilai IC50 lebih kecil dibandingkan ekstrak pepaya yang diperoleh dari buah segar, dimana pada ekstrak pepaya yang diperoleh dari simplisia memiliki nilai IC50 175 µg/mL dan pada ekstrak pepaya yang diperoleh dari buah segar adalah 209 µg/mL. Sementara pada uji tabir surya, nilai SPF pada ekstrak pepaya yang diperoleh dari simplisia lebih besar dibandingkan dengan ekstrak pepaya yang diperoleh dari buah segar. Nilai SPF pada ekstrak pepaya yang diperoleh dari simplisia adalah 37, sedangkan ekstrak pepaya yang diperoleh dari buah segar adalah 35. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah ekstrak pepaya yang diekstraksi dengan proses pengeringan bahan awal (simplisia) memiliki aktivitas antioksidan dan nilai SPF yang lebih optimal dibandingkan dengan esktrak pepaya yang diesktraksi tanpa melalui proses pengeringan terlebih dahulu (buah segar).

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QK Botany
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
T Technology > TP Chemical technology
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Mrs Hari Susanti
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:05
Last Modified: 01 Oct 2020 04:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20676

Actions (login required)

View Item View Item