Kecemasan Menjelang Kelahiran pada Ibu Hamil Trimester Ketiga

Mardhiyah, Afifah (2020) Kecemasan Menjelang Kelahiran pada Ibu Hamil Trimester Ketiga. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500013198_NASKAH_PUBLIKASI__201018120553.pdf] Text
T1_1500013198_NASKAH_PUBLIKASI__201018120553.pdf

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gejala kecemasan pada ibu hamil trimester ketiga dan mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi kecemasan pada subjek. Subjek berjumlah tiga orang yang terdiri dari ibu hamil trimester ketiga.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling yaitu berdasarkan atas ciri–ciri atau sifat–sifat yang sesuai dengan tujuan penelitian. Pengambilan data menggunakan wawancara.
Analisis data menggunakan analisis isi serta keterpercayaan data menggunakan triangulasi sumber data dan significant person.
Pada penelitian ini adanya dua gejala yang muncul pada subjek, yang pertama yaitu gejala kognitif karena subjek memikirkan proses ketika persalinan dan memikirkan bagaimana cara mengatasi rasa sakit ketika persalinan. Serta pada gejala afektif subjek merasa takut dan was–was
karena semakin dekat dengan jadwal kelahiran. Kesimpulan subjek tidak menunjukkan adanya kecemasan yang berarti karena sangat kecilnya faktor–faktor yang mempengaruhi kecemasan pada subjek yang pertama subjek penelitian tidak mempunyai pengalaman negatif, tidak adanya pikiran yang tidak rasional, subjek mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitarnya dan subjek mempunyai pengetahuan yang tinggi.
Hasil penelitian penelitian menunjukan : terdapat dua gejala kecemasan yang muncul pada subjek dan empat faktor–faktor yang mempengaruhi kecemasan.

Kata Kunci : Kecemasan menjelang kelahiran, ibu hamil trimester ketiga

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Difa Ardiyanti
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:08
Last Modified: 20 Oct 2020 02:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20875

Actions (login required)

View Item View Item