Analisis Forensik Terhadap Serangan Virus Ransonware pada Komputer

SIDIQ, AHMAD FAJAR (2020) Analisis Forensik Terhadap Serangan Virus Ransonware pada Komputer. Masters thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of 57] Text
57
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Internet telah menjadi bagian dari berbagai kegiatan administrasi yang menggunakan teknologi informasi. Internet juga merupakan salah satu sumber utama dari berbagai kegiatan kriminal. Maintenance data adalah proses yang sistematis untuk mempertahankan dan menganalisis data yang disimpan untuk recovery dari berbagai serangan pada data khususnya virus ransomware,
sehingga bisa mencegah serangan virus ransomware dan merecovery data tersebut. Bagian yang sangat vital dari informasi dalam bentuk apapun perlu dijaga khususnya dari serangan virus ransomware. Penelitian ini melakukan
pengujian beberapa tools untuk mendeteksi virus ransomware menggunakan metode computer forensics.
Metode computer forensics yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu collecting, examination, analysis, dan reporting. Selanjutnya digunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan keputusan yang diambil berdasarkan hasil pengujian dari keempat tools yang digunakan, yaitu Spy Hunter 5, Bit Defender, Ransomware Decryptor, dan Esset Smart Premium.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap 280 extention data, yang terinfeksi virus ransomware menggunakan tools Spy Hunter 5 adalah 1,6%, Bit Defender 0,72%, Ransomware Decryptor 0,44%, Esset Smart Premium 0,75%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Spy Hunter 5 adalah tools terbaik dalam mendeteksi virus ransomware.

Kata kunci: Ransomware, Komputer Forensik, AHP.

Item Type: Thesis (Masters)
Keyword: Anton Yudhana, Rusydi umar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Master of Technology Informatica (Magister Teknologi Informatika)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:50
Last Modified: 20 Oct 2020 03:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20876

Actions (login required)

View Item View Item