MEMBANGUN INOVASI BISNIS MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI ERA NEW NORMAL

Assakdiyah, Salamatun (2020) MEMBANGUN INOVASI BISNIS MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI ERA NEW NORMAL. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Membangun Inovasi Bisnis Melalui E-WOM.pdf] Text
Membangun Inovasi Bisnis Melalui E-WOM.pdf

Download (243kB)

Abstract

Pandemik covid-19 memberikan dampak negatif di semua sektor kehidupan. Salah satunya sektor yang merasakan dampak negatif adalah penurunan laju pertumbuhan ekonomi pada triwulan I Tahun 2020 sebesar 2,97% dan triwulan II Tahun 2020 sebesar -5,30% (BPS, 2020).
Perkembangan bisnis di Indonesia juga semakin menurun dan mengubah perilaku konsumen, sehingga mengakibatkan perubahan yang cepat pada lingkungan bisnis. Di era new normal maka penyesuaian diri dengan perubahan yang ada menjadi kebutuhan utama setiap usaha bisnis, sehingga dapat bersaing dan bertahan hidup.
Di era new normal, maka perkembangan teknologi dari informasi yang semakin canggih menjadi salah satu faktor penting untuk melakukan inovasi bisnis. Saat ini 64% dari penduduk Indonesia menjadi pengguna internet (Riyanto, 2020). Hal ini menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis yang berbasis digital, sehingga akan mempermudah dan mempercepat transaksi bisnis sesuai dengan target yang telah ditentukan.
Salah satu strategi marketing yang dapat digunakan untuk melakukan inovasi bisnis dengan menerapkan Electronic Word of Mouth (E-WOM). E-WOM dapat digunakan sebagai salah satu strategi marketing untuk meningkatkan kinerja bisnis, sehingga usaha bisnis dapat bersaing dan bertahan hidup di era new normal.
Mengingat arti pentingnya E-WOM sebagai salah satu strategi marketing, maka tulisan ini berupaya untuk menganalisis peran penting E-WOM sebagai salah satu strategi membangun inovasi bisnis di era new normal yang mencakup anteseden dan konsekuensi E-WOM dalam menghasilkan kinerja bisnis yang baik, sehingga dapat bersaing dan bertahan hidup di era new normal.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Management (S1 Manajemen)
Depositing User: Dr Salamatun Asakdiyah
Date Deposited: 22 Oct 2020 22:14
Last Modified: 22 Oct 2020 22:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20922

Actions (login required)

View Item View Item