FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI YOGYAKARTA

SETIANINGSIH, SRI DEWI (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500012117_NASKAH_PUBLIKASI__190921071320.pdf] Text
T1_1500012117_NASKAH_PUBLIKASI__190921071320.pdf

Download (615kB)

Abstract

UMKM merupakan usaha yang bergerak dibidang ekonomi yang berskala kecil dan dikelola oleh kelompok masyarakat atau keluarga. Akan tetapi dalam menjalankan usahanya ada faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi perkembangan usaha akan tetapi ada kendala yang di hadapi yaitu kurangnya permodalan saat memulai usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengarhui persepsi perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta.
Metode ini menggunakan analisis regresi berganda dengan sampel sebanyak 73 pelaku UMKM di kota Yogyakarta dengan menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada responden.
Hasil regresi menunjukan bahwa variabel umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap persepsi perkembangan usaha. Sedangkan variabel tenaga kerja,total biaya, modal dan laba berpengaruh positif terhadap persepsi perkembangan usaha. Uji F menunjukan bahwa umur perusahaan,tenaga kerja,total biaya, modal dan laba berpengaruh secara bersama-sama terhadap persepsi perkembangan usaha.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Indah Kurniawati
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 24 Oct 2020 02:13
Last Modified: 24 Oct 2020 02:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20934

Actions (login required)

View Item View Item