PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PENGETAHUAN AKUNTANSI, DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

WULANDARI, HERDIANA (2020) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PENGETAHUAN AKUNTANSI, DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500012169_NASKAH_PUBLIKASI__200213123939.pdf] Text
T1_1500012169_NASKAH_PUBLIKASI__200213123939.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh latar belakang pendidikan, pengetahuan akuntansi dan jiwa kewirausahaan terhadap penggunaan informasi akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Sewon, Bantul, Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan, pengetahuan akuntansi, dan jiwa kewirausahaan terhadap penggunaan informasi akuntansi.
Sampel dalam penelitian ini merupakan para pelaku usaha mikro kecil menengah yang berada di Sewon, Bantul, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan convenience sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak terbatas dan bebas untuk menentukan sampel. Data diperoleh melalui survey langsung dan memberikan kuesioner kepada 51 responden dan sebanyak 34
kuesioner kembali dan dapat diolah menggunakan SPSS.
Hasil penelitian Ini menunjukan bahwa : 1) latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi, 2) pengetahuan akuntansi
berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi dan 3) jiwa kewirausahaan berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Sumaryanto
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 24 Oct 2020 02:47
Last Modified: 24 Oct 2020 02:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20936

Actions (login required)

View Item View Item