ANTESEDEN PENGGUNAAN E-SPT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Andriani, Juwita (2020) ANTESEDEN PENGGUNAAN E-SPT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1600012122_NASKAH_PUBLIKASI__200613082018.pdf] Text
T1_1600012122_NASKAH_PUBLIKASI__200613082018.pdf

Download (236kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat membantu segala aktivitas manusia seperti memesan barang, jual beli, melamar pekerjaan, dan lain sebagainya. Modernisasi administrasi perpajakan dilakukan oleh DJP adalah sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan perpajakan
terhadap wajib pajak yaitu salah satunya dikembangkannya pelaporan pajak terutang dengan menggunakan elektronik SPT (e-SPT) atau dengan menggunakan komputer.
Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel dalam
penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria wajib pajak yang mempunyai NPWP dan wajib pajak yang menggunakan e-SPT. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh peneliti secara langsung maupun dikirimkan melalui google form. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap penggunaan e-SPT. Persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap penggunaan e-SPT. Keamanan dan kerahasiaan berpengaruh positif terhadap penggunaan e-SPT. Penggunaan e-SPT berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM-PLS dengan 158 responden.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Amir Hidayatulloh
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 07 Nov 2020 03:09
Last Modified: 07 Nov 2020 03:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item View Item