PENGARUH SOSIALISASI, TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN MOTIVASI TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM Batik di Dusun Giriloyo, Kabupaten Bantul)

SARI, RAHIMAH INDAH (2020) PENGARUH SOSIALISASI, TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN MOTIVASI TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM Batik di Dusun Giriloyo, Kabupaten Bantul). Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1600012204_NASKAH_PUBLIKASI__200728021128.pdf] Text
T1_1600012204_NASKAH_PUBLIKASI__200728021128.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ PENGARUH SOSIALISASI, TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN MOTIVASI TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM Batik di Dusun Giriloyo, Kabupaten Bantul)” Usaha mikro kecil menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian di Indonesia. Namun, memiliki kendala dalam pencatatan laporan keuangan. Pemerintah telah mengesahkan Standar laporan
keuangan yang lebih sederhana yaitu Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) pada tanggal 1 Januari 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif sosialisasi, tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi dan motivasi terhadap penerapan SAK EMKM. Penelitian ini variabel dependennya adalah penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah dan variabel independennya adalah sosialisasi, tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan motivasi.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan
metode kuisioner. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sosialisasi, pemahaman akuntansi dan motivasi berpengaruh positif terhadap penerapan SAK EMKM, sedangan tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap penerapan SAK EMKM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Sumaryanto
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 07 Nov 2020 04:34
Last Modified: 07 Nov 2020 04:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21104

Actions (login required)

View Item View Item