HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH KELAS IX SMP NEGERI 2 PADAHERANG PANGANDARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEPTIANA, ARIF RAIS (2020) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH KELAS IX SMP NEGERI 2 PADAHERANG PANGANDARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1400001038_NASKAH_PUBLIKASI__200123083517.pdf] Text
T1_1400001038_NASKAH_PUBLIKASI__200123083517.pdf

Download (965kB)

Abstract

Kedisiplinan siswa di sekolah dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman dalam proses pembelajaran. Kedisiplinan siswa terhadap tata tertib sekolah berasal dari kesadaran diri siswa tentang pentingnya mentaati tata tertib untuk kepentingan dirinya dan orang lain. Perilaku disiplin siswa di sekolah akan berkembang secara positif jika didukung dengan konsep diri yang positif Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Padaherang Pangandaran tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan desasin korelasional. Variabel bebas yaitu konsep diri dan variabel tergantung yaitu kedisiplinan siswa di sekolah. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX
SMP Negeri 2 Padaherang sebanyak 215 siswa, sampel penelitian sebanyak 142 siswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrument penelitian berupa kuisioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan uji coba terpakai. Metode analisa data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment Pearson’s.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan kedisiplinan di sekolah pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padaherang Pangandaran tahun ajaran 2019/2020 yang ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,531 > 0,163 (r tabel). Hal ini mempunyai arti bahwa semakin tinggi konsep diri siswa, maka semakin tinggi kedisiplinan siswa di sekolah. Sebaliknya,
semakin rendah konsep diri siswa maka semakin rendah pula kedisiplinan siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Siti Partini Suardiman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:46
Last Modified: 10 Nov 2020 03:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21160

Actions (login required)

View Item View Item