Efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk meningkatkan pemahaman tentang kepribadian dependen pada siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah Kasihan

Taqiyuddin, Fahmi (2019) Efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk meningkatkan pemahaman tentang kepribadian dependen pada siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah Kasihan. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1400001002_NASKAH_PUBLIKASI__191226064830.pdf] Text
T1_1400001002_NASKAH_PUBLIKASI__191226064830.pdf

Download (177kB)

Abstract

Kepribadian dependen merupakan gangguan pada kepribadian yang menyebabkan seseorang mempunyai ketergantungan yang berlebih pada orang lain. Siswa yang mengalami gangguan kepribadian dependen akan bergantung pada teman dekatnya dan tidak bisa mengambil suatu keputusan sendiri dan tidak percaya diri. Oleh karena itu diperlukan upaya
untuk mereduksi kepribadian dependen tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama dalam
meningkatkan pemahaman tentang kepribadian dependen pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan one group pretest-posttest design dengan layanan bimbingan
kelompok teknik psikodrama sebanyak 5 kali. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa ditentukan dari teknik purposive sampling dengan pertimbangan pemahaman kepribadian dependen paling rendah. Instrument penelitian berupa kuisioner tertutup yang telah lolos uji validitas
dan reliabilitas dengan hasil layak diuji coba dengan revisi. Metode analisa data menggunakan analisis deskriptif dan uji t sampel berpasangan.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang kepribadian dependen pada
siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Kasihan tahun ajaran 2019/2020 yang ditunjukkan dengan nilai t hitung = 5,946 > t tabel (2,365). Peningkatan pemahaman tentang kepribadian dependen setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama sebesar 32,5 % atau 6,88 point dimana skor pre test sebesar 21,13 dan skor post test sebesar 28,0.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:58
Last Modified: 10 Nov 2020 03:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21161

Actions (login required)

View Item View Item