Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik simulasi game untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa kelas IV SMP Muhammadiyah 1 Moyudan

LARASTUTI, ARUMDITYA VERONICA (2019) Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik simulasi game untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa kelas IV SMP Muhammadiyah 1 Moyudan. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500001066_NASKAH_PUBLIKASI__200106112138.pdf] Text
T1_1500001066_NASKAH_PUBLIKASI__200106112138.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eksplorasi karir merupakan aktivitas yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mencari tentang karir maupun jenis pekerjaan yang terkait kelebihan dan kekurangan diri guna membantu dalam mempercepat proses pengembangan karir.
Layanan bimbingan kelompok teknik simulasi game menjadi suatu cara untuk membantu siswa dalam memilih suatu bidang karir yang sesuai dengan potensi mereka, sehingga dapat mencapai tujuan karir yang diinginkan. Maka layanan
bimbingan kelompok teknik simulasi game untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, yang bertujuan untuk
mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik simulasi game untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Moyudan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas IX, dimana kelas IX AR 1 sejumlah 28 siswa sebagai
subyek uji coba instrumen. Penentuannya sampelnya menggunakan teknik purposive sampling, yang didasarkan atas ciri-ciri, sifat atau karakteristik sesuai dengan variabel penelitian, yaitu subyek yang memiliki eksplorasi karir rendah sebanyak 7 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
berbentuk skala eksplorasi karir. Metode analisis data menggunakan statistik dekskriptif dan uji t sampel berpasangan.
Hasil penelitian diketahui bahwa skor rata-rata eksplorasi karir siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Moyudan sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok
teknik simulasi game sebesar 50,43 yang berada dalam kategori rendah. Setelah dilaksanakan bimbingan kelompok teknik simulasi game meningkat rata-rata
sebesar 74 yang berada dalam kategori tinggi. Dari nilai t hitung = 14,82 > t tabel = 2,447 bahwa layanan bimbingan kelompok teknik simulasi game efektif untuk
meningkatkan eksplorasi karir siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Moyudan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Dra. Dwi Putranti, M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:06
Last Modified: 10 Nov 2020 04:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item