PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON PERDAMAIAN UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

NISA, RUSDA MINLADUNKA (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON PERDAMAIAN UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1600001038_NASKAH_PUBLIKASI__200803022001.pdf] Text
T1_1600001038_NASKAH_PUBLIKASI__200803022001.pdf

Download (156kB)

Abstract

Fenomena yang akhir-akhir ini terjadi saat ini yaitu agresivitas pada siswa. Agresivitas merupakan
aktivitas yang dilakukan oleh remaja yang meluapkan ke energi yang negatif karena tidak sesuai dengan
keinginan yang ada dalam diri siswa. Dampak paling signifikan yang muncul seperti memukul, berkata kasar,
menghina atau mengejek, merusak benda milik sekolah, maupun benda milik teman-temannya. Salah satu usaha
yang dapat dilakukan adalah konselor dapat mengintegrasikan permainan dakon perdamaian sebagai salah satu bentuk media yang dapat digunakan dalam layanan bimbingan kelompok. Teknik bimbingan kelompok dengan
menggunakan unsur permainan dakon perdamaian dapat mengembangkan pikiran damai melalui proses
membangun kesadaran, pemahaman, dan kepedulian yang memungkinkan orang untuk hidup, berinteraksi dan
menciptakan kondisi dan sistem yang mewujudkan non-kekerasan, keadilan, lingkungan peduli dan nilai-nilai
perdamaian. Pengembangan dakon perdamaian dalam bimbingan kelompok melalui tujuh komponen dalam
bimbingan kedamaian yaitu (1) rendah hati terhadap idealisme; (2) kontrol diri terhadap persamaan; (3) toleransi terhadap perbedaan; (4) memaafkan kesalahan orang lain; (5) memilih kekuatan daripada kelemahan; (6)
mengatur emosi saya; dan (7) mengatur perilaku saya Berdasarkan tehnik bimbingan kelompok
diimplementasikan dalam kearifan lokal seperti pengembangan permainan dakon perdamaian untuk mereduksi
agresivitas siswa. Hasil dari pelaksanaan tehnik bimbingan kelompok adalah untuk memahami karakteristik dan masalah konseli, serta membantu konseli untuk menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Wahyu Nanda Eka Saputra, M.Pd., Kons.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:44
Last Modified: 10 Nov 2020 04:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21164

Actions (login required)

View Item View Item