Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Tentang Manajemen Waktu Belajar Bagi Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 12 Yogyakarta

Nurpitasari, Emilia (2020) Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Tentang Manajemen Waktu Belajar Bagi Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1600001250_NASKAH_PUBLIKASI__200825030412.pdf

Download (308kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi berbasis android tentang manajemen waktu belajar bagi siswa kelas VIII B di SMP Negeri 12 Yogyakarta dalam rangka mengembangkan pengetahuan tentang manajemen waktu belajar. Manajemen waktu belajar merupakan pengaturan diri dalam menggunakan waktu seefektif mungkin sehingga adanya perubahan-perubahan dalam proses belajar siswa. Akan tetapi pada kenyataanya tingkat manajemen waktu belajar siswa masih tergolong rendah. Sebagian siswa belum memahami terkait manajemen waktu belajar dengan baik, masih terdapat siswa yang belum mempunyai jadwal yang bisa dijadikan pedoman dalam kegiatan sehari-hari, dan banyak siswa yang menunda-nuda tugas pelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan bahwa 57% siswa dengan kategori manajemen waktu rendah dan 43% siswa dengan kategori manajemen waktu belajar tinggi. Dengan demikian, untuk membantu siswa dalam manajemen waktu belajar salah satunya adalah dengan menggunakan Aplikasi Android. Aplikasi android dipilih dan disusun untuk membantu siswa dalam manajemen waktu belajar dengan baik. Fitur yang terdapat dalam aplikasi android antara lain: materi tentang pentingnya manajemen waktu belajar, penetapan tujuan dan prioritas, mekanisme manajemen waktu belajar dan kontrol terhadap waktu. Selain itu terdapat video animasi, quiz pemahaman terkait materi, dan kegiatan berupa pilihan skala prioritas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan siswa, mendesain produk, mengembangkan produk dan uji ahli produk apakah layak atau tidak. Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi android tentang manajemen waktu belajar. Hasil uji ahli materi diperoleh dengan skor sebesar 76,67 dengan kategori sangat baik, dan uji ahli media diperoleh dengan skor sebesar 81,81 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, aplikasi android tentang manajemen waktu belajar bagi siswa kelas VIII B di SMP Negeri 12 Yogyakarta layak untuk digunakan.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:01
Last Modified: 10 Nov 2020 05:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item View Item