PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BIMBINGAN KEDAMAIAN UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Nurani, Wike and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Muarifah, Alif and Barida, Muya (2020) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BIMBINGAN KEDAMAIAN UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1600001266_NASKAH_PUBLIKASI__200807082356.pdf

Download (532kB)

Abstract

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat memuat prinsip-prinsip Negara In donesia bahwa Negara Indonesia memiliki tujuan Negara yang hendak diwujudkan, tujuan Negara tersebut seperti melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kepada kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan. Perdamaian dalam tujuan Negara tersebut memiliki arti yang sesuai dengan konsep kedamaian positif. Kondisi yang seharusnya ada di Indonesia tersebut ternyata mendapat banyak tantangan. Hal ini dibuktikan dengan kondisi yang ada, yaitu sebagian besar masyarakat Indonesia dalam hal ini adalah siswa tidak merasakan kedamaian dan justru menampilkan perilaku agresif seperti memukul temannya, mengejek teman, menghina guru, emosi yang tidak terkontrol, intoleransi, dan menebar informasi negatif. Perilaku agresi memiliki perbedaan dengan agresivitas. Layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu pelayanan di seting sekolah dan memiliki peran yang signifikan terhadap pengembangan karakter siswa. Salah satu kesempatan yang dapat dilakukan konselor adalah dengan mengimplementasikan pendidikan kedamaian dalam layanan bimbingan dan konseling. Beberapa literatur menyebut model bimbingan ini sebagai model bimbingan kedamaian yang dimana model ini berasal dari dua kata yaitu bimbingan dan kedamaian, selain itu model ini juga berakar pada teori pendidikan kedamaian. Metode yang digunakan adalah literature review dari berbagai jurnal daritahun 2010 sampai dengan tahun 2020 dengan menggunakan bahasa Inggris maupun Indonesia dan kata kunci agresivitas, peace education, kedamaian. Hasil penelitian yaitu bimbingan kedamaian sangat diperlukan untuk mereduksi agresivitas, bimbingan ini merupakan layanan BK yang dapat diterapkan di sekolah. Kesimpulan model bimbingan kedamaian menjadi salah satu alternative solusi konselor untuk membantu konseli mengembangkan pola pikir yang damai sehingga konseli mengurungkan niatnya untuk berperilaku agresi.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Wahyu Nanda Eka Saputra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 12 Nov 2020 01:53
Last Modified: 12 Nov 2020 01:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21177

Actions (login required)

View Item View Item