Efektifitas layanan bimbingan klasikal teknik problem baset learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII FU SMP Muhammadiyah 1 Moyudan

Extrikna, Chelsy Sheryl and Hartanto, Dody (2020) Efektifitas layanan bimbingan klasikal teknik problem baset learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII FU SMP Muhammadiyah 1 Moyudan. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500001097_NASKAH_PUBLIKASI__200122034000.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat layanan yang menyenangkan membuat siswa semangat dalam mengikuti layanan tersebut, ditambah teknik layanan yang membuat siswa semakin nyaman dalam mengikuti layanan. Salah satu teknik layanan yang digunakan yaitu problem solving atau pemecahan masalah dimana siswa diajak untuk berpikir bagaimana memecahkan masalah dengan teknik Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan Bimbingan Klasikal Teknik Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VIII FU SMP Muhammadiyah 1 Moyudan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group PretestPosttest design. Jumlah siswa kelas VIII FU 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan keseluruhan jumlah siswa di kelas VIII FU. Instrument penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan observasi. Hasil uji validitas menunjukkan butir soal yang valid adalah yang memiliki r hitung (rxy) > nilai r tabel pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan N = 27 (0,374). Sedangkan uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai alpha (r alpha) sebesar 0,822 >. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan (paired samples t-test) untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan dengan program SPSS (Statitical Package For Social Science) diperoleh berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS diperoleh thitung (9,64) > ttabel (2,052), yang mempunyai arti bahwa ada perbedaan keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII FU SMP Muhammadiyah 1 Moyudan antara sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan klasikal teknik problem based learning. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII FU sebelum diberikan treatment sebesar 79,57 dan meningkat sebesar 2,64 point menjadi 82,21 setelah diberikan treatment.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Dody Hartanto
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:06
Last Modified: 12 Nov 2020 02:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item