PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KEDAMAIAN UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING TAHUN AJARAN 2019/2020

Ningtias, Dhela Kusuma and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Muarifah, Alif and Barida, Muya (2020) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KEDAMAIAN UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1615001281_Naskah_Publikasi__200814030744.pdf

Download (360kB)

Abstract

Perilaku agresi merupakan bentuk perilaku kekerasan fisik maupun verbal yang dilakukan untuk menyerang dan menyakiti orang lain dengan tujuan melampiaskan kemarahan maupun dengan tujuan lain. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan didapatkan bahwa 9,1% siswa memiliki tingkat perilaku agresi yang tinggi, 23,6% siswa memiliki tingkat perilaku agresi sedang, 45,5% siswa memiliki tingkat perilaku agresi kurang, dan 21,8% siswa memiliki tingkat perilaku agresi rendah. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara oleh guru BK, layanan yang diberikan oleh guru BK untuk mereduksi perilaku agresi belum sepenuhnya optimal serta perlunya adanya pengembangan layanan dan media yang baru untuk membantu guru BK dalam mengoptimalkan layanan untuk mereduksi perilaku agresi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan media berupa buku panduan konseling kedamaian untuk mereduksi perilaku agresi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Adanya media buku panduan konseling kedamaian ini dapat dijadikan sebagai alternatif baru bagi guru BK dalam layanan untuk mereduksi perilaku agresi. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Brog and Gall sampai pada tahap ke-5 yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi desain. Hasil penelitian pengembangan ini diukur berdasarkan hasil penilaian uji validasi ahli materi, ahli media, dan ahli layanan. Hasil penilaian oleh uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar 85,30 dengan kategori sangat baik. Uji ahli media mendapatkan nilai sebesar sebesar 84,72 dengan kategori sangat baik. Uji ahli layanan BK mendapatkan nilai sebesar 80,88 dan masuk pada kategori sangat baik. Hasil penilaian secara keseluruhan nilai rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 83,63 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut maka Buku Panduan Konseling Kedamaian untuk Mereduksi Perilaku Agresi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Gamping Tahun Ajaran 2019/2020 layak untuk digunakan.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Wahyu Nanda Eka Saputra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:25
Last Modified: 12 Nov 2020 02:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21180

Actions (login required)

View Item View Item