Hubungan persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Gamping tahun ajaran 2019/2020

Ratri, Tipuk Madya and Martaningsih, Sri Tutur and Alhadi, Said and Handaka, Irvan Budhi (2020) Hubungan persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Gamping tahun ajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1400001025_NASKAH_PUBLIKASI__200221095021.pdf

Download (173kB)

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah dipengaruhi oleh beberapa komponen utama yang saling berkaitan, diantaranya guru, siswa, dan lingkungan atau suasana dimana proses belajar mengajar itu berlangsung. Persepsi siswa terhadap iklim sekolah merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi tentang iklim sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Gamping tahun ajaran 2019/2020 Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif korelasional. Variabel bebas yaitu persepsi terhadap iklim sekolah dan variabel tergantung yaitu hasil belajar siswa. Populasi penelitian sebanyak 95 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Gamping dengan perincian 32 siswa sebagai subjek uji coba dan 63 siswa sebagai sampel penelitian. Instrument persepsi terhadap iklim sekolah berupa angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan hasil belajar berupa nilai raport Metode analisa data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment Pearson’s. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Gamping yang ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi product moment Pearson’s sebesar 0,585. Koefisien korelasi bernilai positif menunjukkan bahwa meningkatnya persepsi siswa terhadap iklim sekolah akan diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa, sedangkan turunnya persepsi siswa terhadap iklim sekolah akan diikuti dengan menurunnya hasil belajarnya.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Sri Tutur Martaningsih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:37
Last Modified: 12 Nov 2020 02:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21181

Actions (login required)

View Item View Item