PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI ULAR TANGGA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Inarah, Awanis Hajidah (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI ULAR TANGGA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1600001166_NASKAH_PUBLIKASI__201022121321.pdf

Download (186kB)

Abstract

Salah satu tugas peserta didik adalah belajar, maka peserta didik harus dapat berpikir secara kritis dalam belajar untuk menempuh pendidikannya. Hasil studi pendahuluan penyebaran tes tentang kemampuan berpikir kritis kepada 52 siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, dapat disimpulkan bahwa 17% siswa dalam kategori tinggi, 25% siswa dalam kategori sedang dan 56% siswa termasuk dalam kategori rendah. Layanan bimbingan kelompok tentang kemampuan berpikir kritis belum dilaksanakan secara optimal, hal tersebut dikarenakan keterbatasan media di sekolah. Tujuan penelitian pengembangan ini, untuk mengembangkan media yang inovatif dan kreatif seperti permainan simulasi ular tangga tentang kemampuan berikir kritis dalam layanan bimbingan kelompok. Diharapkan melalui pengambangan permainan simulasi ular tangga tentang berpikir kritis ini dapat membantu guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang lebih optimal. Langkah penelitian pengembagan ini dibatasi hanya pada tahap revisi desain (tahap ke 5) dalam model borg and gall. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada uji ahli materi dan media, dapat disimpulkan penelitian pengambangan ini menghasilkan produk permainan simulasi ular tangga berpikir kritis dengan nilai 83,05 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Sehingga pengembangan permainan simulasi ular tangga dalam layanan bimbingan kelompok tentang kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta telah layak untuk digunakan.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Hardi Prasetiawan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:53
Last Modified: 12 Nov 2020 03:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21183

Actions (login required)

View Item View Item