PEACE CARD: MEDIA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS SISWA

Suherman, Nurhayati and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Alhadi, Said and Kumara, Agus (2020) PEACE CARD: MEDIA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS SISWA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1600001147_NASKAH_PUBLIKASI__201020103819.pdf

Download (151kB)

Abstract

Iklim yang kondusif menjadikan masyarakat sekolah nyaman berada di lingkungan sekolah bahkan beberapa literatur menyebutkan bahwa iklim kondusif mampu meningkatkan performa akademik pada siswa. Akan tetapi, tidak seluruh masyarakat terutama siswa memiliki kesadaran akan hal tersebut. Banyak halangan yang dihadapi oleh sekolah dalam menciptakan iklim kondusif, salah satunya adalah agresivitas siswa. Agresivitas berbeda dengan perilaku agresi. Agresivitas dapat diartikan sebagai kecenderungan atau dorongan seseorang untuk membahayakan orang atau objek melalui berbagai bentuk tindakan. Salah satu alternative untuk mengurangi agresivitas siswa adalah dengan menerapkan pikiran damai dalam layanan bimbingan dan konseling. Melalui metode kualitatif dengan mengembangkan konsep pendidikan kedamaian yang diaplikasikan pada layanan bimbingan dan konseling. Konsep kedamaian yang dilaksanakan untuk mereduksi agresivitas dengan cara-cara yang menyenangkan dan mudah diterima oleh siswa. Pada penelitian ini, pikiran damai diaplikasikan pada sebuah media permainan yang dilaksanakan dalam layanan bimbingan kelompok. Media permainan dengan menerapkan prinsip kedamaian tersebut disebut dengan Peace Card atau kartu kedamaian. Peace Card untuk mereduksi agresivitas ini berisikan kartu kasus yang berkaitan dengan 7 komponen berpikir damai, satu buah board game sebagai tempat jalannya permainan. Media Peace Card ini dimainkan pada tahap inti dalam bimbingan kelompok untuk mereduksi agresivitas siswa.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Wahyu Nanda Eka Saputra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:27
Last Modified: 12 Nov 2020 03:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21185

Actions (login required)

View Item View Item