PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VB SDIT LHI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Dewi, Septiana and Maryani, Ika and Purwanto, Purwanto (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VB SDIT LHI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 2. Septiana Dewi-PGSD (10-19).pdf] Text
2. Septiana Dewi-PGSD (10-19).pdf

Download (265kB)

Abstract

Pembelajaran matematika sampai saat ini masih menjadi tantangan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pembelajaran matematika kelas VB SDIT LHI melalui model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian ketrampilan pemecahan masalah dan soal evaluasi matematika. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskrisi komparatif yaitu membandingkan kondisi awal sebelum dilakukan tindakan (pra-siklus), hasil siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui upaya pendekatan PBL dapat meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah matematika. Aspek kemampuan ketrampilan pemecahan masalah terdapat peningkatan rata-rata skor pada setiap siklus, yaitu skor 2,3 pada siklus I dengan kategori sedang menjadi 2,92 pada siklus 2 dengan kategori cukup. Prosentasi jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar (KKM) pada pra-siklus sebanyak 7 siswa atau 31,81% dari 22 siswa, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika pada siklus I sebanyak 10 siswa atau 45,45% dari 22 siswa dan siklus II sebanyak 19 siswa atau 86,36% dari 22 siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Ika Maryani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:01
Last Modified: 14 Nov 2020 07:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21204

Actions (login required)

View Item View Item