PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI BULUS

Ernawati, Lina and Febrianti, Novi and Fatmawati, Elfi (2020) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI BULUS. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 7. Lina Ernawati-PGSD (69-80).pdf] Text
7. Lina Ernawati-PGSD (69-80).pdf

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui metode demonstrasi pada siswa kelas II SD Negeri Bulus. Penelitian ini berjenis Classroom Action Reaserch (CAR). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Bulus yang berjumlah 19 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar Matematika melalui metode demonstrasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bulus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus satu terdiri dari pertemuan pertama dan kedua, siklus 2 terdiri dari pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Masing-masing pertemuan dilakukan tes hasil belajar untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Indikator keberhasilan tercapai apabila >70% siswa tuntas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan (1) peningkatan prosentase ketuntasan belajar dari 31,58% pada pra siklus menjadi 52,63% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,21% pada siklus II, (2) peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 60,53 pada pra siklus menjadi 62,89 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,26 pada siklus II. Penelitian berhasik karena >70% siswa tuntas. Dari data yang diperoleh disimpulkan terjadi peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran Matematika pada siswa kelas II SD Negeri Bulus meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Novi Febrianti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:02
Last Modified: 14 Nov 2020 07:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21211

Actions (login required)

View Item View Item