PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI REJODANI

Nuraini, Rosi and Febrianti, Novi and Fatmawati, Ellfi and Hartini, Sri (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI REJODANI. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 8. Rosi nuraini-PGSD (81-91).pdf] Text
8. Rosi nuraini-PGSD (81-91).pdf

Download (239kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada pembelajaran daring di kelas I SD Negeri Rejodani Ngaglik diketahui bahwa peserta didik sudah aktif dalam pembelajaran, namun banyak yang masih malu pada saat memberikan pendapat, malu-malu menyapa teman yang lain, jarang bertanya serta malu untuk menyampaikan hasil atau produk yang dihasilkan pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karena dari awal semester ini pembelajaran sudah dilakukan secara jarak jauh, dan selama pembelajaran jarak jauh berlangsung baru guru dan peserta didik belum pernah bertemu sehingga pada saat pembelajaran daring peserta didik merasa malu-malu dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya, menyampaikan pendapatnya serta aktif dipembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas I pada pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah seluruh pesera didik kelas I SD Negeri Rejodani Ngaglik semester I tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Tiap siklus penelitian terdiri tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Tahapan-tahapan ini berlangsung secara berulang-ulang, sampai tujuan penelitian tercapai. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I tingkat percaya diri peserta didik 57% dan hasil . Pada siklus II tingkat percaya diri peserta didik telah mencapai target yaitu 88%.. Hasil pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan sehingga tindakan dihentikan pada siklus tersebut.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Novi Febrianti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:02
Last Modified: 14 Nov 2020 07:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21212

Actions (login required)

View Item View Item