IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN CAHAYA SECARA DARING SISWA KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

Kurniasih, Yunia and Kurniawan, Muhammad Ragil and Lasmiyati, Eni (2020) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN CAHAYA SECARA DARING SISWA KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 9. Yunia Kurniasih-PGSD (92-103).pdf] Text
9. Yunia Kurniasih-PGSD (92-103).pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa khususnya pada materi cahaya dengan menggunakan model Discovery Learning secara Daring pada kelas 4 SD Muhammadiyah Sapen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Sapen yang berjumlah 10 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes, pedoman observasi, dan ceklist dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif, serta analisis data kualitatif untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari perbandingan jumlah siswa yang memperolah skor diatas KKM antara pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Data prasiklus menunjukkan bahwa terdapat 50% siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 7 siswa atau 70% sedangkan pada siklus II dicapai persentase ketuntasan belajar dengan KKM 70 sebanyak 9 siswa atau 90%. Jadi dari pra suklus, siklus I sampai siklus II terjadi kenaikan presentase hasil belajar. Secara keseluruhan dari pra siklus ke siklus 2 terjadi kenaikan sebesar 30% yaitu daro 50% yang mengalami ketuntasan belajar menjadi 80% siswa telah memperoleh skor diatas KKM. Adapun kesimpulannya adalah hasil belajar IPA kelas IV Umar Bin Khattab SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 mengalami peningkatan setelah penerapan metode pembelajaran Discovery Learning melalui pembelajaran Daring.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Muhammad Ragil Kurniawan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:02
Last Modified: 14 Nov 2020 07:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21213

Actions (login required)

View Item View Item