PENINGKATAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR DARING MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TEMA BERBAGAI PEKERJAAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI POKOH 1

Prabowo, Dwi and Hanafi, Yahya and Safitri, Irma (2020) PENINGKATAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR DARING MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TEMA BERBAGAI PEKERJAAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI POKOH 1. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 14. Dwi Gesang Agung Prabowo - PGSD (140-152).pdf] Text
14. Dwi Gesang Agung Prabowo - PGSD (140-152).pdf

Download (269kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya minat dan keaktifan belajar kelas IV di SD Negeri Pokoh 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa kelas IVB SD Negeri Pokoh 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek siswa kelas IV SD Negeri Pokoh 1 yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat dan keaktifan belajar menggunakan model Problem Based Learning dalam tema berbagai pekerjaan untuk siswa kelas IV SD Negeri Pokoh 1. Penelitian ini memiliki empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi keaktifan dan pengisian angket minat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model PBL telah dilakukan melaluilangkah-langkah sebagai berikut: a) orientasi peserta didik pada masalah, b) Mengorganisasikan peserta didik, c) Membimbing penyelidikan individu dan kelompok, d) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan e) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2) penggunaan model PBL dalam subtema lingkungan dan manfaatnya dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Pokoh 1. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 71% (tinggi) dengan rincian ada 7 siswa cukup berminat (25,9%), 18 siswa berminat tinggi (66,7%), dan 2 siswa berminat sangat tinggi (7,4%) dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 76,3% dengan rincian 4 siswa cukup berminat (14,8%), 15 siswa berminat tinggi (55,6%), dan 8 siswa berminat sangat tinggi (29,6%) dalam mengikuti pembelajaran. 3) penggunaan model PBL dalam subtema lingkungan dan manfaatnya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Pokoh 1. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan yaitu pada siklus I sebesar 59,9 (cukup) dengan rincian ada 9 siswa keaktifan belajar rendah (33,3%), 10 siswa keaktifan belajar cukup (37%), dan 8 siswa keaktifan belajar tinggi (29,6%). Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 69,3 (tinggi) dengan rincian 1 siswa keaktifan belajar rendah (3,7%), 10 siswa keaktifan belajar cukup (37%), 14 siswa keaktifan belajar tinggi (51,9%), dan 2 siswa keaktifan belajar sangat tinggi (7,4%).

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Yahya Hanafi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:02
Last Modified: 14 Nov 2020 07:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21218

Actions (login required)

View Item View Item