Wahyuni, Sri and Fatmawati, Laila and Krismilah, Tri and Hartini, Sri (2020) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DARING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH BANTAR. [Artikel mahasiswa]
Text
15. Sri Wahyuni-PGSD (153-166).pdf Download (367kB) |
Abstract
Berdasarkan surat edaran dari Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang pembelajaran dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid 19 maka SD Muhammadiyah Bantar melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara online. Pembelajaran online yang dilaksanakan masih terbatas dengan penggunaan aplikasi Whatsapp sehingga model pembelajaran yang diterapkan belum mampu meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar cenderung rendah. Oleh karena itu penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Bantar dengan obyek penelitian proses pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Prosedur penelitian ini menggunakan design Kemmis & MC. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning pada siklus I dan II terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada pra tindakan persentase keaktifan siswa sebesar 40,48%, pada siklus I diperoleh persentase keaktifan sebesar 58,33% dan meningkat pada siklus II menjadi 73,81%. Pada pra tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,2, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,9 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,1. Pada pra tindakan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 38,1%, pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 66,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,3%. Dengan demikian hasil ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Bantar.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Laila Fatmawati |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 14 Nov 2020 07:02 |
Last Modified: | 14 Nov 2020 07:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21219 |
Actions (login required)
View Item |