PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO DENGAN METODE PBL (PROBLEM-BASED LEARNING) BERBANTU MEDIA GAMBAR DAN VIDEO

Seftiarini, Nurul and Maryani, Ika and Purwanto, Purwanto (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO DENGAN METODE PBL (PROBLEM-BASED LEARNING) BERBANTU MEDIA GAMBAR DAN VIDEO. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 25. Nurul Seftiarini-PGSD (161-269).pdf] Text
25. Nurul Seftiarini-PGSD (161-269).pdf

Download (157kB)

Abstract

Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dengan mengintegrasikan unsur TPACK, dimana guru merupakan fasilitator karena pembelajaran berpusat pada siswa, terlebih dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini. Penyesuaian kurikulum pada kondisi khusus membuat guru harus kreatif memilih metode dan pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran. Terlebih setelah 7 bulan berada dirumah, siswa sudah mulai jenuh serta menurun dalam hal motivasi belajar dan juga hasil belajarnya. Hal itulah yang menjadi dasar peneliti menerapkan metode PBL (Problem-Based Learning) dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan berbantu media gambar dan video agar pembelajaran tidak monoton dan lebih menarik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes evaluasi, dan memberikan kuisioner motivasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini antara lain dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VA SD Muhammadiyah karangbendo. Motivasi belajar mulai dari prasiklus sampai siklus II terus mengalami peningkaan, meski di siklus II belum semua mencapai 100% dalam kemampuan menguasai 5 aspek utama yang dilihat. Kemudian ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan karena pada siklus II 100% siswa sudah mencapai ketuntasan. Nilai rata-rata tes evaluasi pun mengalami peningkatan mulai prasiklus yakni 71, siklus I menjadi 76, dan siklus II menjadi 84. Sehingga dapat disimpulkan metode ini mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Ika Maryani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:03
Last Modified: 14 Nov 2020 07:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21229

Actions (login required)

View Item View Item