Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok bagi Kelas XI TKJ 3

Qomariyah, Nia and Bhakti, Caraka Putra and Bandono, Bandono (2020) Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok bagi Kelas XI TKJ 3. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 2. Nia Nurul Qomariyah (280-289).pdf] Text
2. Nia Nurul Qomariyah (280-289).pdf

Download (301kB)

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dapat memberikan dukungan yang positif dalam belajar, namun dapat juga menghambat proses belajar. Hambatan-hambatan yang terjadi berakibat pada hasil belajar individu yang mengalami proses belajar tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Keadaan-keadaan tersebut berdampak pada timbulnya masalah pada proses belajar selanjutnya. Konsentrasi belajar siswa yang rendah akan menjadi hambatan yang sangat berarti pada proses pembelajaran, karena dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI TKJ 3 dengan tujuan Mendiskripsikan kondisi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok, memperoleh peningkatan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Metodenya menggunakan evaluasi proses dan evaluasi hasil. Hasil penelitiannya disimpulkan konsentrasi belajar kelas XI TKJ 3 belum bisa maksimal dan perlu adanya dilakukan bimbingan kelompok pada peremuan ke dua siklus I dan pelaksanaan siklus II untuk perbaikan dari siklus I.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:03
Last Modified: 14 Nov 2020 07:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21232

Actions (login required)

View Item View Item