YA MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DI KELAS X TKRO 7 SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN

Pranoto, Tri Eko and Widyastuti, Dian Ari and Muhliawati, Yeni (2020) YA MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DI KELAS X TKRO 7 SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 4. Tri Eko Pranoto (291-298).pdf] Text
4. Tri Eko Pranoto (291-298).pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disiplin belajar peserta didik. Terlihat dari kemampuan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran masih rendah, kurangnya tanggung jawab peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self management. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2020, bertempat di kelas X TKRO 7 SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas untuk meneliti peningkatan disiplin belajar peserta didik menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik self management. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan sampel yang digunakan yaitu kelas X TKRO 7. Metode pengumpulan data dalam penlitian ini menggunakan angket disiplin belajar. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil pnelitian tindakan kelas pada kondisi awal dengan siklus I dan II menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok yang dilakukan peneliti dan observer dianalisis oleh peneliti dan observer, dilihat dari perbandingan antara siklus I dan siklus II, pada siklus I peserta didik yang masuk dalam kategori sangat rendah yaitu 40%, 38%, 41%, 42% dan dalam kategori rendah yaitu 45%, 50%, 55%, 56%. Kemudian pada siklus II meningkat, peserta didik yang masuk dalam kategori sangat rendah maupun kategori rendah dapat menjadi kategori tinggi yaitu 75%, 75%, 80%, 78%, 73%, 80%, 77%, dan 84%. Ini artinya dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan disiplin belajar yang tinggi dari tahap awal sampai ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok dengan teknikself management.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Dian Ari Widyastuti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:03
Last Modified: 14 Nov 2020 07:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21234

Actions (login required)

View Item View Item