Efektifitas layanan bimbingan klasikal teknik bibliotherapy untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Mlati tahun ajaran 2019/2020

Putri, Indah Dwi Anggraini and Bhakti, Caraka Putra and Muarifah, Alif and Saputra, Wahyu Nanda Eka (2020) Efektifitas layanan bimbingan klasikal teknik bibliotherapy untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Mlati tahun ajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500001084_NASKAH_PUBLIKASI__200124112554.pdf

Download (182kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan keefektivitas layanan bimbingan klasikal teknik bibliotherapy dengan ceramah dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimental design yang berjenis nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas IX di SMP Negeri 3 Mlati dengan sampel masing-masing 20 orang siswa untuk kelompok eksperimen (diberikan intervensi bimbingan klasikal teknik bibliotherapy) dan kelompok kontrol (diberikan intervensi bimbingan klasikal teknik ceramah). Penentuan sampel dengan purposive sampling yang mempertimbangkan beberapa karakteristik khusus. Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes konsentrasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan formula paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan konsentrasi belajar siswa berdasarkan intervensi bimbingan klasikal teknik bibliotherapy dengan ceramah. Konsentrasi belajar siswa lebih baik setelah diberikan intervensi bimbingan klasikal teknik bibliotherapy daripada ceramah.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 02:13
Last Modified: 14 Nov 2020 02:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item