PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-CONTRACTING AND REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

Putra, Dandy Andreas Pratama and Hestiningrum, Erni and Pribadi, Sari (2020) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-CONTRACTING AND REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 6. DANDY ANDREAS PRATAMA PUTRA_BK (307-317).pdf] Text
6. DANDY ANDREAS PRATAMA PUTRA_BK (307-317).pdf

Download (266kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di rumah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self contracting and reinforcement pada siswa kelas X MIPA 1 SMA Batik 1 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (PTBK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 8 siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar kurang dari 70%. Sumber data berasal dari data observasi, commulative records dari guru BK, wawancara wali kelas/guru mapel, dan skala kemandirian belajar di rumah.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self contracting and reinforcement meningkatkan kemandirian belajar siswa di rumah. Dapat ditunjukkan kemandirian belajar pada pra siklus sebesar 65,50%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan 83,75%, dan pada akhir siklus II menjadi 90,50%. Simpulan dari hasil penelitian pada siklus I dan II dapat diketahui hasil peningkatan kemandirian belajar di sekolah pada siswa kelas X MIPA 1 SMA Batik 1 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil wawancara dari guru mapel/wali kelas disimpulkan bahwa setelah diberikan layanan teknik self contracting and reinforcement siswa kelas X MIPA 1 SMA Batik 1 Surakarta sudah mulai ada peningkatan, sebagian siswa sudah memiliki kedisiplinan belajar yang baik. Siswa dapat mencurahkan perhatian penuh pada pelajaran, siswa sudah mulai bisa membaca buku secara tekun, siswa mengikuti pelajaran dengan tertib, siswa mulai bisa mencatat bahan bacaan secara rapi, siswa bisa mengelola waktu belajar dengan baik, dan siswa bisa lebih memanfaatkan waktu luang (jam kosong) di kelas.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Erni Hestiningrum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:03
Last Modified: 14 Nov 2020 07:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item View Item