UPAYA MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DENGAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK REALITA KELAS XII.A DI SMK GAJAH MUNGKUR SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (CATATAN PENELITIAN)

Kiswanto, Doni and Bhakti, Caraka Putra and Bandono, Bandono (2020) UPAYA MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DENGAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK REALITA KELAS XII.A DI SMK GAJAH MUNGKUR SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (CATATAN PENELITIAN). [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 10. DONI KISWANTO_BK_(330-337).pdf] Text
10. DONI KISWANTO_BK_(330-337).pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi yang ada di SMK Gajah Mungkur Sidoharjo yang terdapat beberapa siswa dengan frekuensi membolos tinggi. Melalui layanan konseling kelompok teknik realita diharapkan itensitas membolos pada siswa dapat menurun atau bahkan tidak membolos lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan bimbingan konseling realita dapat mengatasi perilaku membolos siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action reseach) dengan desan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah 4 orang siswa di kelas XII.TBO.A yang terindikasi tingkat membolosnya tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis prosentase dengan membandingkan tingkat perilaku membolos siswa sebelum deberi layanan bimbingan konseling dan setelah diberi layanan bimbingan konseling pada siklus I dan siklus II. Karena penelitian ini bersifat sementara, peneliti hanya melakukan 1 pertemuan pada siklus I dan pertemuan ke 2 akan dilaksanakan pada waktu mendatang beserta refleksi pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa layanan layanan konseling kelompok teknik realita pada pertemuan pertama dapat mereduksi perilaku membolos siswa dilihat dari keterlaksanaan tindakan 1 pada siklus 1 dapat diketahui bahwa ketercapaian penurunan perilaku membolos dari masing-masing anggota kelompok adalah AB 19%, GP 10%, BA 25% dan ABP 24%. Maka dapat di simpulkan bahwa siswa kelas XII.TBO.A setelah mendapatkan layanan pada tindakan 1 pada siklus 1 menunjukan kategori baik. Penelitian ini bersifat sementara untuk melihat ketercapaian penurunan perilaku membolos pada siswa kelas XII.TBO.A SMK Gajah Mungkur Sidoharjo dapat dilihat setelah keterlaksanaan pertemuan ke 2 pada siklus I dan refleksi pada siklus ke II yang akan dilaksanakan pada waktu mendatang.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Caraka Putra Bhakti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Nov 2020 07:04
Last Modified: 14 Nov 2020 07:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21240

Actions (login required)

View Item View Item