PENGEMBANGAN E-MODUL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENCEGAH CYBERBULLYING PADA SISWA

Nursanti, Fadillah Ari (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENCEGAH CYBERBULLYING PADA SISWA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1600001149_NASKAH_PUBLIKASI__200708031145.pdf

Download (166kB)

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling, khususnya layanan bimbingan kelompok sangat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan potensi dan kemampuannya secara mandiri agar menjadi pribadi yang baik. Namun, masih banyak tantangan yang dialami oleh guru BK di sekolah dalam melaksanakan layanan. Salah satu tantangannya yaitu minimnya kreatifitas dan kemampuan dalam mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini. Sedangkan layanan preventif yang diberikan guru BK masih menggunakan media yang monoton dan belum dapat mengikuti perkembangan teknologi. Keberhasilan dalam memberikan layanan preventif diperlukan adanya pembaharuan media yang menarik, kreatif, dan inovatif seperti modul elektronik (emodul). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall, penelitian ini hanya sampai tahap revisi produk yang pertama, tidak sampai uji coba produk., hal ini dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang tidak dapat melakukan uji coba ke sekolah penelitian. Hasil uji ahli media dan hasi uji ahli dapat diambil kesimpulan bahwa e-modul bimbingan kelompok teknik homeroom untuk mencegah cybebrullying layak digunakan.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Akhmad Fajar Prasetya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 02:49
Last Modified: 14 Nov 2020 02:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21241

Actions (login required)

View Item View Item