Pengaruh Self Control terhadap Internet Addiction Siswa Kelas VIII

AMBARANI, ARIESTA INTAN and Prasetya, Akhmad Fajar (2020) Pengaruh Self Control terhadap Internet Addiction Siswa Kelas VIII. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500001105_NASKAH_PUBLIKASI__200412091951.pdf

Download (238kB)

Abstract

Kecanduan media sosial pada siswa dari tahun ke tahun tidak ada habisnya semakin bertambah, yang dapat berbahaya bagi siswa karena siswa tidak mampu lepas dari keadaan itu, dan kurang mampu mengontrol dirinya sendiri. Guna meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya kecanduan media sosial diperlukan bantuan dari semua pihak terutama peran seorang guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan teknik diskusi untuk meningkatkan pemahaman bahaya kecanduan media sosial pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TBG I SMK Negeri 3 Pacitan. Uji validitas menggunakan construct validity dengan bantuan SPSS dan microfot excel. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik. Penggunaan analisis data statistik pada penelitian ini menggunakan t-test. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil perhitungan koefisien t yang menggunaan program SPSS menunjukan bahwa t hitung=5,579, df= 5, t tabel= 2,572, dan sig=0,003. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa nilai thitung (5,579) > t tabel 2,571 dan sig (0,003) < α (0,005). Hal ini menunjukan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,579 > 2,571 Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan antara tingkat pemahaman bahaya kecanduan media sosial pada siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Akhmad Fajar Prasetya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 03:02
Last Modified: 14 Nov 2020 03:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21242

Actions (login required)

View Item View Item