Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik group exercise untuk meningkatkan resiliensi pada siswa broken home kelas X SMK Muhammadiyah Cangkringan

Wulandari, Devi and Wahyudi, Amien and Alhadi, Said and Bhakti, Caraka Putra (2020) Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik group exercise untuk meningkatkan resiliensi pada siswa broken home kelas X SMK Muhammadiyah Cangkringan. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500001057_NASKAH_PUBLIKASI__200208050315.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik group exercise untuk meningkatkan resiliensi pada siswa broken home kelas XI SMK Muhammadiyah Cangkringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design menggunakan model One-group pretest posttest design. Penentuan subjek menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Cangkringan, dengan kategori resiliensi rendah. Teknik pengumpulan daya yang digunakan adalah skala resiliensi. Uji validitas menggunakan uji ahli dan uji lapangan, kemudian dinalisis menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara statistik menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara resiliensi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik group exercise. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik group exercise efektif untuk meningkatkan resiliensi pada siswa broken home kelas XI SMK Muhammadiyah Cangkringan tahun ajaran 2019/2020 yang ditunjukan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 7,260 > 2,015.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Amien Wahyudi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 03:13
Last Modified: 14 Nov 2020 03:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21243

Actions (login required)

View Item View Item