Studi deskriptif faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI Teknik kendaraan ringan otomotif ( TKRO) di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan tahun ajaran 2019/2020

Dewi, Berliana Putri Nur Maulidia (2020) Studi deskriptif faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI Teknik kendaraan ringan otomotif ( TKRO) di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan tahun ajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500001059_NASKAH_PUBLIKASI__200127114337.pdf] Text
T1_1500001059_NASKAH_PUBLIKASI__200127114337.pdf

Download (129kB)

Abstract

Regulasi diri dalam belajar menuntut kepada peserta didik dalam mencapai tujuan belajar untuk mengembangkan diri dalam mencapai tujuannya melalui proses sampai dengan
hasilnya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah 1 Moyudan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar.
Subjek dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang berjumlah 84 siswa. Teknik Pengumpulan
data menggunakan angket tertutup. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan statistik deskriprif.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar dari 84 siswa yang menjadi responden yaitu 3 siswa (3,6%) berada dalam kategori rendah, 73 siswa (86,9%) berada dalam kategori sedang, dan 8 siswa (9,5%) berada dalam kategori tinggi. Dua faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dari 84 siswa yang menjadi responden yaitu 4 siswa (4,8%) berada dalam kategori rendah, 73 siswa (86,9%) berada dalam kategori sedang dan 7 siswa (8,3%) berada dalam kategori tinggi. Faktor
eksternal dari 84 siswa yang menjadi responden yaitu 3 siswa (3,6%) berada dalam kategori rendah, 54 siswa (64,3%) berada dalam kategori sedang dan 27 siswa (32,1%) berada dalam kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar berada pada kategori sedang terbukti dari penelitian yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Syamsudin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 03:33
Last Modified: 14 Nov 2020 03:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21244

Actions (login required)

View Item View Item