Upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Yogyakarta Tahun ajaran 2019/2020

PRADANA, RAKA CAESARIA PUTRA and Hartini, Sri and Alhadi, Said and Handaka, Irvan Budhi (2020) Upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Yogyakarta Tahun ajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_11001214_NASKAH_PUBLIKASI__200217021315.pdf

Download (234kB)

Abstract

Kemampuan melakukan interaksi social diperlukan siswa dalam mengikuti proses belajar di sekolah maupun di lingkungan yang lain. Interaksi social yang baik akan membuat siswa merasa percaya, nyaman, dan hubungan dengan guru maupun siswa lain juga terjalin dengan baik. Selain itu, proses belajar mengajarpun akan berjalan dengan lancar. Untuk itu kemampuan siswa dalam berinteraksi sosial sangat penting untuk ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Interaksi Sosial siswa melalui layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi pada siswa kelas VIII MTS Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Subjek penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Yogyakarta yang mempunyai kemampuan interaksi sosial rendah. Instrument penelitian berupa kuisioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Selain itu, peneliti juga menggunakan observasi untuk mengetahui perkembangan respon siswa selama pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Metode analisa data menggunakan analisis deskriptif dan uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 yang ditunjukkan dari nilai t hitung = 4,568 > 2,262 pada taraf signifikansi (α) = 0,05. Layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Yogyakarta sebesar 11,5 point dari skor pre test sebesar 84,1 (kategori rendah) menjadi 95,6 (kategori sedang).

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Sri Hartini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 03:49
Last Modified: 14 Nov 2020 03:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item