Studi deskriptif kematangan karir siswa kelas VIII MTs Yakatunis Yogyakarta

Alam, Rendy Haiqal and Putranti, Dwi and Hestiningrum, Erni and Rosada, Ulfa Dani (2019) Studi deskriptif kematangan karir siswa kelas VIII MTs Yakatunis Yogyakarta. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_12001150_NASKAH_PUBLIKASI__200116043027.pdf

Download (153kB)

Abstract

Kematangan karir sangat dibutuhkan siswa dalam merencanakan karir dimasa depannya. Pada kenyataannya, saat ini siswa belum sepenuhnya mempunyai kematangan karir yang baik. Kadangkala remaja akan memilih suatu jurusan pendidikan tanpa disertai pertimbangan akan kelebihan, kelemahan serta bidang yang diminati. Siswa cenderung mengikuti harapan atau pilihan orangtua, pengaruh teman sebaya dan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kematangan karir siswa MTs Yaketunis Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian adalah kematangan karir. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Yaketunis Yogyakarta yang berjumlah 20 orang. Sampel penelitian sebanyak 9 orang dengan metode accidental sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket / kuisioner yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Metode analisa data menggunakan statistik deskriptif terhadap variabel dan aspek kematangan karir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kematangan karir pada siswa MTs Luar Biasa Yaketunis Yogyakarta berada dalam kategori tinggi. Dari 9 siswa yang menjadi subjek penelitian terdapat 5 siswa (55,6 %) mempunyai kematangan karir dalam kategori tinggi dan 4 siswa (44,4 %) dalam kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dari 6 aspek tersebut terdapat 5 aspek dalam kategori tinggi (perencanaan karir, eksplorasi karir, pengetahuan tentang membuat keputusan karir, pengetahuan tentang dunia kerja, dan realisasi keputusan karir) dan 1 aspek dalam kategori sedang (pengetahuan tentang kelompok pekerjaanyang lebih disukai).

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Dwi Putranti
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 03:58
Last Modified: 14 Nov 2020 03:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21246

Actions (login required)

View Item View Item