Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotasari Purbalingga

Dwianti, Viggita and Arikunto, Suharsimi (2020) Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotasari Purbalingga. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500001177_NASKAH_PUBLIKASI__200120122336.pdf] Text
T1_1500001177_NASKAH_PUBLIKASI__200120122336.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat belajar merupakan suatu keinginan dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran disertai dengan perhatian dan keaktifan untuk menguasai pengetahuan dan pengalaman yang
disertai dengan rasa senang dan diperoleh kepuasan. Terkait dengan prestasi belajar yang maksimal, salah satu factor yang sangat berperan penting adalah minat. Dalam kegiatan belajar, siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi cenderung akan menunjukan rasa ketertarikan dan perasaan senang sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutasari di Purbalingga.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Variabel bebas yaitu minat belajar dan variabel terikat yaitu prestasi belajar. Populasi penelitian ini sebanyak 214 siswa dengan sampel sebanyak 176 siswa dengan teknik random sampling. Instrument yang
digunakan berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment Pearson’s.
Berdasarkan analisis data yang di peroleh hasil nilai koefisien korelasi product moment Pearson’s sebesar 0,533 > 0,148 (r tabel). . Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara minat belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutasari di Purbalingga. Koefisien bernilai positif artinya jika semakin tinggi minat belajar maka semakin tinggi pula prestasi belajar di sekolah, sebaliknya jika minat belajar rendah maka prestasi belajar di sekolah pun juga ikut rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Suharsimi Arikunto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 04:07
Last Modified: 14 Nov 2020 04:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21247

Actions (login required)

View Item View Item