Pengembangan Media ' Pinball Basket ' tentang perencanaan Karir Siswa SMA

Suprastowo, Jumbuh and Martaningsih, Sri Tutur (2020) Pengembangan Media ' Pinball Basket ' tentang perencanaan Karir Siswa SMA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1615001261_NASKAH_PUBLIKASI__200611015833.pdf] Text
T1_1615001261_NASKAH_PUBLIKASI__200611015833.pdf

Download (265kB)

Abstract

Perencanaan karir merupakan proses dan langkah-langkah individu untuk mengambil keputusan karir masa depan yang tepat yang didukung dengan prestasi akademik, minat,
kemampuan dan potensi yang dimiliki sehingga mencapai kesuksesan dalam cita-cita hidup sesuai dengan keinginan. Faktanya sebagian besar siswa belum dapat mengembangkan karirnya sacara optimal. Hal tersebut dikarenakan pengetahuan mengenai perencanaan karir tergolong
rendah. Keberhasilan dalam pemberian pengethauan mengenai perencanaan karir diperlukan adanya pembaharuan media yang menarik, kreatif, dan inovatif seperti media Pinball Basket.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media Pinball Basket tentang perencanaan karir pada siswa SMA Negeri 2 Bantul yang di implementasikan dalam
layanan Bimbingan dan Konseling. Adanya media Pinball Basket tentang perencanaan karir dapat memfasilitasi guru Bimbingan dan Konseling dalam pemberian layanan yang diharapkan membantu siswa mendapatkan informasi tentang karir dan memudahkan siswa dalam merencanakan karir untuk masa depan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (RnD) dengan menggunakan model Borg and Gall sampai pada tahap ke-5 yaitu revisi desain dengan melakukan uji validasi dengan ahli materi, ahli media dan ahli layanan Bimbingan dan Konseling.
Hasil yang diperoleh dari uji validasi pengembangan media Pinball Basket tentang perencanaan karir adalah Uji Ahli Materi mendapatkan skor 82,5 dengan kategori sangat baik.
Uji Ahli Media medapatkan skor 86,3 dengan kategori sangat baik. Uji Ahli Layanan Bimbingan dan Konseling Satu medapatkan skor 85 dengan kategori sangat baik dan Uji Ahli Layanan Bimbingan dan Konseling Dua medapatkan skor 90 dengan kategori sangat baik dengan jumlah skor 343,8 dan rata-rata skor adalah 85,9 masuk dalam kategori Sangat Baik. Oleh karena itu berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan ahli layanan Bimbingan dan
Konseling maka Media Pinball Basket Tentang Perencanaan Karir Siswa Pada Siswa Kelas XI SMA N 2 Bantul dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Sri Tutur Martaningsih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 14 Nov 2020 04:13
Last Modified: 14 Nov 2020 04:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21248

Actions (login required)

View Item View Item